Skip to main content

DAMPAK MENGERIKAN MAKANAN HARAM (khutbah Ust. Abdullah Manaf Amin)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله .....

لا اله الا الله و الله أكبر...

الله أكبر و لله الحمد

إِنَّ اْلحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ ونستغفره  ونستهديه و نتوب اليه ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهدى الله فلا مضل له ومن يضلله فلا هادي له, أشهد أن لاإله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله, اللهم صلى على محمد وعلى اله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلي يوم الدين

أما بعد, قال تعالى فى القران الكريم, أعوذ بالله من الشيطان الرجيم...

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ (ال عمرن: 102)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً (النساء: 1)

ياأيها الذين امنوا اتقوا الله وقولوا قولا سديدا يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله وؤسوله فقد فاز فوزا عظيما

أما بعد

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : فإن أصدق الحديث كتاب الله وخير الهدي هدي محمد صلى الله عليه وسلم وشر الأمور محدثتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وفي رواية أبى داود وكل ضلالة فى النار

 

Alhamdulillah, selesai sudah tugas kita melaksanakan salah satu dari rukun islam. shiyam di bulan ramadhan. Kita isi detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam dengan melakukan shouwwam, berlapar-lapar di siang hari. Qawwam, kita bertarawih di malam hari. Bertilawah, saya yakin ada diantara yang hadir pada acara shalat ied ini yang paling tidak bisa khatam dua kali dalam sebulan. Bahkan tiga kali bahkan empat kali bahkan lima kali, bahkan sepuluh kali bahkan tigapuluh kali seperti khalifah Utsman radhiyallaahu anhu. Satu-satunya laki-laki di dunia yang pernah diambil menantu oleh seorang nabi sampai dua kali. Dinikahkan oleh rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan putri beliau dari Khadijah binti khuwailid radhiyallahu anha.

Ketika ruqayyah wafat disaat rasulullah bersama pasukan beliau 313 berada di badar. Sekitar 70 KM ke arah barat daya dari kota Madinah. Utsman bin Affan yang sudah bersiap-siap dengan tombak dan kudanya, dengan pedang dan tamengnya. Perisai di tangan kirinya.

Apa kata Rasulullah? “Utsman kamu tidak usah ikut maju ke medan perang, kamu urus istri kamu. Dan persiapan yang kamu persiapkan  dicatat oleh Allah Subhanahu wa ta’ala sebagai seorang yang berangkat jihad.

Utsman bin Affan, Khalifah yang menggantikan Umar bin Khattab radhiyallahu anhu. Seorang penguasa yang wilayah kekuasaannya terbentang sejak Afrika Utara, Aljazair, Chad, Tunisia, Libiya, Mesir, Sudan, Libanon, Syiria, Yordania, Palestina, Saudi Arabia, Yaman, Oman, Kuwait, abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Iraq, Iran dan bekas jajahan Uni Soviet di asia tengah berada di tangannya, berada di pertanggung jawabannya kepada Allah. Sadar akan beratnya tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin, begitu masuk bulan ramadhan dia khatamkan satu hari satu kali khatam sejak dari surat al-Fatihah, al-Baqarah, Ali Imran, an-Nisa’, al-Maidah, al-An’am, al-A’raf, al-Anfal, at-Taubah, Yunus, Huud, Yusuf, ar-Ra’du, Ibrahim, sampai qul a’uudzu birobbil falaq dan qul ‘auudzu birobbin naas.

Mudah-mudahan suatu ketika Allah berikan kesempatan kepada kita untuk mencontoh Utsman bin Affan barang satu hari bisa menghatamkan al-Qur’an sekali khatam baik di bulan ramadhan atau ketika kita berada di tanah suci haramaini, madinah al-Munawwarah dan Makkah al-Mukarromah.

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Laa ilaaha illallah huwallahu akbar. Allahu akbaar walillahil hamd.

Kita isi ramadhan selain dengan shalat tarawih dan tilawatul qur’an. Kita jaga agar mulut kita senantiasa terhindar dari ucapan-ucapan dusta bahkan borok, apalagi jorok. Kita usahakan agar telinga kita tidak pernah mendengar kecuali dzikrullah. Kita jaga mata kita agar tidak melihat sesuatu yang dilarang oleh Allah. Bahkan yang tidak kalah pentingnya kita jaga agar setiap teguk air yang kita minum di waktu iftar berbuka puasa, di waktu sahur menjelang subuh, setiap tetes air yang membasahi bibir kita. Agar setiap suap nasi yang masuk ke dalam perut kita. Betul-betul kita seleksi, betul-betul kita kontrol. Sehingga tidak ada setetes airpun dan satu butir nasipun yang masuk ke dalam tubuh kita kecuali air tadi adalah air yang halalan thayyiba dan makanan tadi makanan yang halalan thayyiba.

Lebih dari itu pakaian kita, baju kita, sarung kita, celana kita, peci yang kita pergunakan untuk shalat, sajadah yang kita bentangkan di depan tempat kita berdiri untuk takbirotul ikhrom, betul-betul kita beli dengan uang yang benar-benar halal keluar dari keringat yang tidak merugikan orang lain dengan cara yang tidak benar, serta sebaliknya tidak menguntungkan orang lain dengan cara yang tidak benar.

Perabot rumah tangga kita meja dan kursi kita, kamar makan kita, tempat tidur kita, bantal kita, seperai kita, guling kita, dapur kita, kulkas kita, mesin cuci kita, semuanya betul-betul kita beli dengan kesadaran bahwa saya seorang muslim.

rasulullah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh muslim, begitu juga yang diriwayatkan oleh imam Ahmad bin Hambal  mengingatkan,

إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِيْنَ فَقَالَ تَعَالَى :  يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحاً  إني بما تعملون عليم

“Allah adalah thayyib, Allah adalah dzat yang maha indah, yang Maha bagus yang tidak menerima amal siapapun sebesar apa wujudnya, sebesar apa manfaatnya kecuali amal tadi berasal dari amal yang dia peroleh dengan jerih-payah tanpa sedikitpun terbawa disana nilai-nilai bahkan unsur-unsur yang haram.

Surat Al-Mukminun ayat 51 yang telah saya bacakan tadi mengingatkan, “wahai para rasul sejak bani adam alaihissalam sampai nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, kuluu min thayyibati, makanlah oleh kalian makanan yang halal wa’malu shalihan dan kemudian beramal shalihlah kalian.

Para mufassir menerangkan sebesar apapun amalan kita, sebesar apa manfaat yang diraih oleh orang banyak, kalau amal yang kita lakukan tadi ada didalamnya sedikit unsur yang haram. Allah subhanahu wa ta’ala tidak menerima amalan kita termasuk dengan qiyamul lail kita yang panjang, tilawah kita yang lama, infak kita untuk kepentingan masjid, untuk kepentingan pendidikan-pendidikan islam, untuk kepentingan masyarakat banyak kalau didalamnya ada unsur yang haram, kata imam sufyan ats-tsauri,

“orang yang ingin membersihkan dosa dengan melakukan amal sholeh yang terdiri di dalamnya unsur-unsur keharaman sama dengan orang yang membersihkan pakaian kotor karena najis, pakaian yang kotor dengan najis itu dia bersihkan dengan air kencing.”

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Laa ilaaha illallah huwallahu akbar. Allahu akbaar walillahil hamd.

Konon seorang tabi’in bernama Muhammad ibnu sirin, dia adalah murid kesayangan Anas bin Malik. Anas bin Malik adalah seorang pembantu sekaligus murid kesayangan Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Sebagai seorang yang diperintahkan Allah untuk bekerja. Dia meminjam uang kepada seseorang tanpa Bunga.

Uang tadi dia pergunakan untuk membeli minyak Zaitun satu druum besar. Untuk membawanya saja harus diangkut dengan unta. Sekali lagi dia membelinya dengan uang panas. Artinya bukan dengan waktu yang dia miliki sendiri. sampai rumah dia akan ambil minyak itu sedikit-sedikit. Dia masukkan kedalam botol, Perkilo mungkin, setengah liter mungkin dan seterusnya.

Begitu drum itu dia buka dia bisa melihat didasar minyak zaitun sesuatu yang mencurigakan berwarna hitam. Tetapi dia tidak tahu apa itu wujudnya. Dia ambil kayu panjang dia masukakan kedalam, dia ambil pelan-pelan dengan kayu tadi. Setelah sampai diatas, “inna lillahi wa inna ilaihi rojiun” bangkai tikus. Dan bangkai itu najis berarti minyak satu drum ini ikut najis.

Kalau ini saya jual berarti saya menjual barang yang najis, mengugkapkan bahwa sekian puluh orang bahkan mungkin sekian ratus orang bahkan sekian ribu orang akan terkena dosa, yang dosa tadi akan ditimpakan oleh Allah subhanhu wa ta’ala kepada kita. Kepada penjualnya. Kepada Muhammad bin Sirin rahimahullah.

Ikwanu fieddin arsyada kumullah

Kalau Muhammad Bin Sirin itu kita, kita akan bawa minyak tadi kepada penjual. Kita akan berika kepada dia. “saya tidak membeli minyak zaitun yang didalamnya ada bangkai tikusnya, tolong kamu ganti”. Selesai.

Tetapi ini bukan watak seorang tabi’in, bukan watak seorang murid Anas bin Malik. Bukan watak murid orang yang pernah menjadi murid Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Kalau satu driim minnyak ini saya kembalikan kepada pedagang, kemudian oleh dia tikusnya diambil, dan dibuang, kemudian dia jual, apa saya juga tidak ikut berdosa. Apa saya tidak ikut berdosa, kalau minyak ini saya kembalikan kepada pedagang kemudian si pedagang menjual kembali kepada orang lain.

Agar saya tidak berdosa dia gali tanah dalam-dalam, dia tuangkan minyak satu drim yang dia beli dengan uang hutangan. Untuk menyelamatkan diri dari ini. Akhirnya berlakulah sesuatu yang merupakan yang pada dasarnya merupakan sunnatullah.

Si pemilik uang menagih uang yang telah dia janjikan. Muhammad bin sirin tidak mampu mengembalikan. Akhirnya diperkarakan ke polisi. Polisi membawa kepengadilan dan masuklah Muhammad bin sirin seperti kepala desa pabelan kedalam penjara hanya kasusnya kasus keperdataan karena dia tidak bisa mengembalikan uang.

Allah mencintai Muhammad ibn sirin. Allah ingin menguji sampai dimana kekuatan iman dia.

إٍذَا أَحَبَّ اللهُ عَبْدًا إِبْتَلَاهُ، إٍنَّ عَضْمَ اْلجَزَاءِ مَعَ عَضْمَ اْلبَلَاءِ

Apa bila Allah mencintai seorang hamba termasuk mudah-mudahan kita semua ibtalahh, Allah akan menguji dia. Semakin besar kecintaan Allah kepada seorang hamba semakin besar ujian yang diberikan kepadanya.

Nabi Ibrohim diperintah untuk menyembelih putra beliau ini ujian. Nabi yusuf dijebloskan ke penjara bertahun-tahun ini ujian. Nabi Ibrohim dibakar oleh rakyat satu Negara ini ujian. Rasulullah terusir dari kota makkah ke madinah ini ujian. Semakin besar kecintaan Allah kepada manusia semakin besar ujian yang diberikan Allah kepada mereka.

Tidak ada orang yang lebih dicintai oleh Allah dibandingkan dengan para nabi dan para rasul. Darisana ujian yang diberikan Allah kepada para Nabi dan para rasul lebih berat dibandingkan ujian yang diberikan kepada manusia yang ada dimana saja dan siapa saja itu karena kekuatan iman yang berada dalam benak dan hati mereka masing-masing.

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Laa ilaaha illallah huwallahu akbar. Allahu akbaar walillahil hamd.

Ukuran diterimanya amal seseorang. Atau ditolaknya amal seseorang salah satu diantaranya amal tadi dia lakukan dengan usaha yang menghasilkan harta yang halal atau tidak.

لَأَنْ يَمْلأَ أَحَدُكُمْ فَمَّهُ بِالْتُّرَابِ خَيْرٌ أَنْ يَمْلأَ بِالْحَرَامِ

Kata sahabat Abu Hurairoh radhiyallahu anhu, lebih baik kalian memasukkan tanah, memasukkan batu krikil ke mulut kalian. Astaghfirullahal adzim. Lebih baik kalian masukkan tanah, masukkan lumpur, masukkan tanah liat kedalam mulut kalian. daripada kalian masukkan makanan yang haram ke dalam mulut kalian.

أَيُّمَا لَحْمٍ نَبَتَ مِنَ الْسُحْتِ وَالْرِّباَ فَالْنَّارُ أَوْلَى بِهِ

“Daging yang tumbuh dari makanan yang haram dan riba, tempat yang paling pas di dalam neraka.”

و أيما عبد لا يقذف لقمة الحرام في جوفه ما تقبل منه أربعين يوما

Apabila ada seseorang memasukkan satu kerat makanan haram, satu teguk minuman haram ke dalam mulutnya, empat puluh hari empat puluh malam do’annya tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Logikanya, matematikanya apabila ada seorang manusia muslim yang empat puluh hari sekali, yang empat puluh hari sekali memasukkan satu kerat makanan haram, memasukkan satu teguk minuman haram ke dalam mulutnya, tuula umrih. Sepanjang hidup, hatta zurtumul maqabir.  Sampai masuk ke liang kubur tangisannya dimalam hari. Berjalan kakinya ke masjid lima kali sehari. Bacaan al-Qur’annya infaqnya. Amal-amal sholeh lainnya samasekali tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala. kalo’ empat puluh hari sekali makan sekerat makanan haram.

Bagaimana kalau tigapuluh Sembilan hari sekali. Bagaimana kalau tigapuluh delapan hari sekali. Bagaimana kalau sebulan sekali. Bagaimana kalau duapuluh hari sekali. Bagaimana kalau sepuluh hari sekali. Bagaimana kalau lima hari sekali. Bagaimana kalau setiap hari. Makan nasinya haram, lauknya haram, sendoknya dibeli dengan uang haram, garpunya haram, tisunya haram, tusuk giginya haram, cuci airnya haram.

Ke masjid bajunya haram, pecinya haram, sarungnya haram, sajadahnya haram, tasbihnya haram.

Berangkat ke kantor mobilnya haram, sepatunya haram, tasnya haram, kertasnya haram, handphonenya haram, arloji rolexnya haram. Yamuddu yadahu ilas samaa’. Diangkat kedua tangannya ke langit. Nangis kepada Allah, ya rabbku ya Allah do’aku dengarkan, yaa Allah do’aku terima, do’aku yaa Allah kabulkan. Faanna yustajabu, mustahil do’anya akan diterima oleh Allah. Hatta yalijal jamal fie sammil hiyath, sampai ada onta yang masuk ke lubang jarum, begitu surat al-a’raf 45, tidak mungkin akan diterima.

Ikhwani fiddin arsyada kumullah…

Tidak ada istilah terlambat di dalam islam. selama nyawa masih di kandung badan, selama manusia belum mengalami masa ghorghoroh, kalau kita menunggui orang sakit yang menjelang kematiannya di rumah sakit, kata orang jawa dia akan ngorok. Hreokh, hreokh.. Selama suasana seperti ini belum terjadi. Sebesar apapun dosa yang dilakukan oleh manusia. Seberat apa perbuatan manusia melanggar syari’at Allah yang dia lakukan, apabila dia bertobat dengan kesadaran serta niat yang ikhlash, Allah akan terima taubat tadi.

Iedul fithri setelah sebulan kita laksanakan shiyam. Kita jadikan Hari ini sebagai nuqthatul intila’. Yaa Allah saya akan berusaha mencari rizki yang telah engkau sediakan dengan cara yang benar. Saya akan tasharrufkan harta saya dengan cara yang benar. Lillahi ta’ala semata-mata mencari ridho Allah. Orang memuji saya hati saya tidak berbunga-bunga. Orang mencaci saya memfitnah saya hati saya juga tidak akan mengkerucut dan kecut.

Satu yang saya cari, ridhomu meskipun manusia sejagat memusuhi aku tetapi engkau yaa Allah mencintai aku itulah yang aku inginkan. Itulah yang aku harapkan. Itulah yang aku dambakan. Itulah yang aku tangisi setiap hari. Meskipun semua manusia sejagat mencintai aku tetapi engkau membenciku itu yang aku takuti yaa Allah, itu yang aku khawatiri, itu yang aku harapkan tidak terjadi pada diriku.

Semuanya memang mempunyai anasir. Salah satu unsurnya agar setiap suap makanan, setiap satu teguk air. Betul-betul makanan yang halal, rumah kita, pakaian kita kendaraan kita, pisau kita, sampai sandal jepit kita, betul-betul kita beli dengan uang yang halal.

Ini akan menjadikan istri-istri kita wanita-wanita sholehah, yang senantiasa mengingatkan suami apabila suami teledor. Ini yang akan menjadi suami-suami, suami yang bertanggung jawab, yang qowwam kepada nisa’ menjadikan anak-anak kita, anak yang birrul walidain, anak-anak yang patuh kepada orang tua, anak-anak yang dididik untuk patuh kepada Allah. Dari sana mereka mematuhi orang tua ibu-bapak yang tercinta.

Terakhir saya angkat kata-kata guru imam al-Bukhori Yusuf bin Ashbath, ditulis oleh al-Hafidz Syamsuddin adz-Dzahabi di dalam kitab al-Kaba’ir.

إن الشيطان قال لاعوانه

syetan,

إذا رأى شابا متعبدا

Apabila melihat seorang pemuda yang ahli ibadah.

Mengapa pemuda?,

سَبْعَةٌ يُظُلُّهُمُ اللهُ في  يَوْمٍ يَوْمَ لَا ظِلَّ إٍلَّا ظِلُّهُ

Ada tujuh golngan yang mendapatkkan pengayoman pada hari tidak ada pengayoman kecuali darinya di padang mahsyar nanti. Seorang pemuda yang tumbuh didalam ber ibadah kepada Allah.

Bapak-bapak yang sudah berkepala empat, kepala lima, apalagi kepala enam, apalagi kepala tujuh, tidak masuk ke dalam perhitungan yang satu ini. Syabun nasya’a fie ibadatillah.

“Kalo’ kamu lihat,” kata komandan syaithon kpada anak buahnya. “Apabila kamu lihat seorang pemuda yang aktif datang ke masjid, sehari lima kali, berusaha mengambil shaf Awwal.

Apabila ada seorang pemuda yang aktif senantiasa bangun malam palingtidak satu jam sebelum adzan subuh dikumandangkan. Kalau ada seorang pemuda yang aktif tilawatul qur’an di luar bulan ramadhan satu hari minimal satu juz. Kalau ada seorang pemuda yang aktif mendatangi tempat-tempat taklim. Seorang pemuda yang senantiasa melakukan puasa senin kamis. Seorang pemuda yang senantiasa shiyam bidh. Tanggal tiga belas, empat belas lima belas.

“Wahai prajurit-prajuritku” kata setan “jangan kalian tergesa-gesa menggidanya.”

Undhur min aina math’amuhu. “Kamu lihat dari mana dia makan, makanan yang dia makan.” Tentusaja kalau pemuda itu masih berusia lajang, belum berumah tangga, kamu lihat apa pekerjaan orang tuanya. Dari mana motornya, darimana laptopnya dibeli, dengan uang apa HPnya dibeli. Dengan uang apa dia kuliah. Dengan uang apa dia mendapatkan pakaian yang indah. Kalau itu diperoleh dari orang tuanya yang adalah uang yang haram.

 Bisajadi dia seorang perampok, bisa jadi dia seorang pencuri, bisa jadi dia seorang penyamun, bisa jadi seorang pedagang yang mengatakan barang ini tidak luntur, tetapi ternyata luntur. Pedagang yang menjual barang katanya satu kilo tetapi ternyata cuman sembilan ons setengah. Yang menjual barang pakaian, kain yang konon panjangnya satu meter ternyata cuman sembilanpuluh lima senti.

Kalau bapaknya adalah seorang pegawai yang untuk memasuki pegawai harus membayar uang suap. Bukan hanya jutaan bahkan puluhan juta. Bukan hanya puluhan juta bahkan ratusan juta. Kalau seorang bapak bekerja di bank-bank konvensional yang adalah lembaga ribawi, yang adalah salah satu dari tujuh dosa besar yang menyesatkan dan merusakkan.

Jangan tergesa-gesa untuk menggoda dia. Biarkan saja waktu berlalu, cepat atau lambat. Kalau uang dia tadi, dia keruk dengan jalan yang tidak benar. Dengan korupsi, dengan manipulasi. Cepat atau lambat anak tadi yang semula mencintai masjid, dia akan menjauhi masjid. Yang semula mencintai al-Qur’an, dia akan akrab dengan koran dan majalah-majalah yang dengan gambar tidak senonoh. Dia yang biasa senin-kamis akan dia cibiri hari senin, akan dia cibiri hari kamis, akan dia cibiri tanggal tiga belas, empat belas, lima belas. Akan dia jauhi tempat-tempat taklim. Dan dia akan datangi tempat-tempat yang bisa mengumbar hawa nafsu dan keinginan selera remajanya.

Seandainya itu tidak terjadi. Seandainya itu tidak terjadi. Bahwa anak tadi, anak tadi masih aktif untuk melaksanakan sholat, masih aktif melaksanakan shiyam, masih aktif melaksanakan tilawatul qur’an dan lain-lain. Dia akan menempuh jalan yang tidak benar.

Dia akan ikut JIL. Dia akan ikut ahmadiyyah. Dia akan ikut syi’ah. Dia akan ikut kelompok-kelompok sesat yang lain.

Dia akan mengagungkan Basyar Asad la’natullah, sebagai satu-satunya tokoh islam di dunia. kata setan kepada dia yang memperjuangkan islam. padahal dia yang membunuh orang yang melaksanakan sunnah dengan cara yang benar.

Akibat harta haram dia akan mengagung-agungkan Ayatullah Khumaini la’natullah kepada mereka. Dia akan memuji Hizbullah dengan Hasan Nasrullah. Padahal itu adalah kelompok syi’ah yang memusuhi ahlus sunnah. Dia tidak mau mengatakan syi’ah itu sesat. Dia Tidak mau mengatakan syi’ah itu keluar dari Islam. Sementara pada hakikatnya syi’ah itu menolak kemurnian al-Qur’an. Menolak keberadaan para sahabat bahwa mereka masih dianggap muslim tetapi mereka katakan sahabat-sahabat Rasulullah semuanya telah murtad, semuanya telah munafik kecuali berapa orang saja. Ali bin Abi Thalib, istriya Fatimah, anaknya Hasan dan Husain. Miqdad al-Aswad, Salman al-Farisi.

Diantara akibat makanan haram orang dengan mudah menuduh orang lain sebagai kelompok sesat. Khowarij, khowarij, khowarij!!!,. Tidak mengingatkan anda telah menyimpang, mari kembali bersama-sama. Tetapi langsung dengan palu godamnya, khowarij, khowarij, khowarij!!!. Mengapa seperti itu.?

Kemungkinan diantaranya makan yang diberikan kepada orang tuannya makanan yang di dalamnya ada unsur-unsur haram, minuman dan lain-lain.

Namanya sangat indah Muhammad Nazaruddin. Prestasinya sangat cemerlang. Di usia tigapuluh tahun sudah menjadi bendahara umum partai apa, saya tidak sebutkan. Tapi mengapa kemudian langsung terkena masalah. Jangan-jangan karena makanan haram.

Namanya sangat indah. Kalau apa yang dituduhkan oleh KPK itu benar. Lutfi Hasan Ishaq, Ahmad Fathonah, kalau memang itu benar. Mudah-mudahan tidak.

Mengapa terjadi seperti itu?. Kemungkinan makanan haram dimakan sewaktu kecil. Atau orang tua sudah berusaha memberikan makanan yang halal tetapi ketika jabatan berada di tangan dia. Uang melambai-lambaikan dia di depan, di belakang, di kanan, di kiri.

Kita ingin anak-anak kita menjadi anak yang sholeh, sholihin, sholihat, qonitin, qonitaat, mukminin, mukminaat, taibin, taibat, saikhin, saikhaat.

Mari kita ajari beribadah. Mari kita ajari shalat. Mari kita ajari ke masjid. Tapi ada satu yang jangan dilupakan. jangan sampai ada sesuap nasi, jangan sampai ada seteguk air. Jangan sampai ada sesuatu yang diberikan kepada mereka kecuali betul-betul rizki yang halal.

Seandainya mereka tetap bodoh, tetap bodoh dalam keadaan bertakwa dan beriman kepada Allah. Seandainya mereka pandai, pandai Seperti syaikhul islam ibnu taymiyyah. Seperti ibnul qayyim al-jauziyyah. Seperti ibnul qudamah al-Maqdisi. Seperti imam abu hanifah sebelumnya. Seperti imam malik bin anas sebelumnya. Imam Muhammad bin idris asy-Syafi’i. seperti imam ahmad bin Hambal rahimahumullah.

Seandainya mereka menjadi orang-orang miskin, orang miskin yang sadar bahwa kemiskinan ini ujian. Dan Ujian ini tidak akan diberikan oleh Allah di luar kemampuan saya.

Tetapi seandainya mereka menjadi orang kaya.  Masya Allah,.. tetangganya bisa merasakan  betapa nikmatnya bertetangga orang kaya, yang dibimbing, yang senantiasa diarahlan dengan al-Qur’an dan sunnah menurut pemahaman salaf. Mereka senantiasa merasakan kenikmatan hidup di samping mereka.

Islam tidak mengajarkan kepada kita agar kita menjadi orang kaya. Tapi islam mengajarkan kepada kita kekayaan adalah ujian kemiskinan adalah ujian kepandaian adalah ujian. Kebodohan adalah ujian. Sakit adalah ujian. Sehat adalah ujian. laa yukallifullahu nafsan illa wus’aha.

Allah tidak akan membebani seseorang diluar kemampuannya. Kita baca dua ayat terakhir surat al-Baqarah paling tidak tiga kali. Pada waktu wirid pagi setelah subuh. Pada waktu wirid sore setelah ashar, dan ketika kita akan tidur. Rabbana laa tu’akhidna in nasina aw ahto’na, robbana wa la tahmil alaina isronkama hamaltahu alalladzina min qoblina dan seterusnya.

Idul fitri, mudah-mudahan shiyam kita diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala mudah mudahan buah dari ketakwaan laallakum tattaqun. Kita mampu secara hitam putih. Kita mampu secara matematis membedakan antara yang halal dan yang haram. Dan mapu untuk memilah-milah antara keduanya dan kita akhiri khutbah pada siang hari ini dengan do’a.

إن الله وملائكته يصلون على النبي ياأيها الذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات

اللهم انصر إخواننا المجاهدين في فلسطين وأفغانستان وعراك وفي كل مكان على عدوك وعدوهم

اللهم وحد صفوفهم وشدد رميهم وانصرهم على عدوك وعدوهم

ربنا ظلمنا أنفسنا وإن لم تغفر لنا لنكوننا من الخاسرين رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْعَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ اْلأَبْرَارِ.

رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْراً كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

اللهم إنا نعوذ بك من الهم والحزن ونعوذ بك من العجز والكسل ونعوذ بك من الجبن والبخل ونعوذبك من غلبة الدين وقهر الرجال

ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار

سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين, أقيم الصلاة....

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Dowload Buku Iqro’ 1-6 pdf

Siapa yang tidak kenal dengan buku iqro’? hampir tidak ada di Indonesia ini yang tidak mengenal buku iqro’. Buku ini sangat populer diseluruh anak Indonesia yang ingin belajar membaca al-Qur’an.

Perbedaan Adat dan Urf dalam Disiplin Ilmu Ushul Fiqh

A.    Definisi Adat dan Urf Definisi adat: العادة ما استمرّ الناس عليه على حكم المعقول وعادوا اليه مرّة بعد أخرى Adat adalah suatu perbuatan atau perkataan yang terus menerus dilakukan oleh manusia lantaran dapat diterima akal dan secara kontinyu manusia mau mengulangnya.

KHUTBAH JUMAT (3) KEBAHAGIAAN DALAM HIDUP

KHUTBAH PERTAMA الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على رسوله الكريم، وعلى آله وصحبه أجمعين، اللهّم صلّ على محمّد وعلى أل محمّد كما صلّيت على إبراهيم و على أل إبراهيم إنك حميد مجيد. فيا عباد الله أوصيكم وإياي نفسي بتقوى الله، حيث قال جلّ و على في كتابه التنزيل (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ ) و (   َيا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا ) وقال في أية الأخرى   ( يا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا ) أمّا بعد. Jamaah sholat jumat yang dirahmati Allah... Marilah kita bersyukur kepada Allah ta’ala . Karena Allah telah memberikan bany

APAKAH MUBAH TERMASUK HUKUM TAKLIFI?

  Sebagaimana yang diketahui, hukum taklifi adalah hukum yang bersifat ‘beban’ bagi seorang mukallaf. Dikatakan ‘beban’ atau taklif karena pada hukum ini ada suatu perintah dari Allah yang membebani seorang mukallaf untuk mengerjakan sesuatu, meninggalkannya atau memilih antara meninggalkan dan mengamalkan. Nah, untuk bagian ‘beban mengerjakan’ dan ‘beban meninggalkan’ ini sudah jelas kalau memang hal tersebut merupakan ‘beban’. Namun yang menjadi pertanyaannya, ketika seorang mukallaf diminta untuk memilih mengerjakan atau meninggalkan sesuatu, di mana letak ‘beban’nya untuk kategori ‘memilih antara mengerjakan atau meninggalkan’? atau lebih spesifik lagi, di mana letak ‘beban’ atau taklif nya hukum mubah ? Jawabannya, Jumhur ulama berpendapat, mubah bukan termasuk hukum taklifi . Hal ini disebabkan karena hakikat hukum taklifi adalah pembebanan dan sisi masyaqqah (kesulitan). Artinya mubah tidak termasuk hukum taklifi karena tidak adanya ‘pembebanan’ di dalam perkara muba

KHUTBAH JUM'AT: Tanda Hidayah Allah Diberikan Pada Seseorang

Khutbah Pertama إنَّ الحمدَ لله، نحمدُه، ونستعينُه، ونستغفرُه، ونتوبُ إليه، ونعوذُ به من شرورِ أنفسِنا، ومن سيِّئاتِ أعمالِنا، من يهدِه الله فلا مُضِلَّ له، ومن يضلل فلا هاديَ له؛ وأشهدُ أن لا إلهَ إلا اللهُ وحدَه لا شريكَ له، وأشهدُ أن محمدًا عبدُه ورسولُه، صلَّى اللهُ عليه وعلى آلهِ وصحبِهِ وسلَّمَ تسليمًا كثيرًا إلى يومِ الدين . أمَّا بعدُ: فيا أيُّها الناسُ، اتَّقوا اللهَ تعالى حَقَّ التقوى . Kaum muslimin yang dirahmati Allah… Bertaqwalah kalian kepada Allah dengan taqwa yang berkualitas.. Hamba-hamba Allah, tujuan Allah menciptakan makhluk-Nya untuk beribadah, untuk taat dan untuk mencintai pencipta-Nya, hal ini sebagaimana yang Allah firmankan dalam al-Qur’an, وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (Qs. al-Dzariat: 56) Allah akan ridha kepada hambanya jika hamba tersebut hanya menyembah-Nya saja dan tidak mensekutukan dengan yang lain. Allah akan marah kepada hamba

TELAAH KITAB SUNAN IBNU MAJAH

A.       Penyusun kitab Sunan Ibnu Majah dan komentar para Ulama’ Penyusunnya adalah Abu Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah, Ar-Rabi’iy Al-Qozawainy atau masyhur dengan sebutan Ibnu Majah. Kitab beliu ini cukup bermanfaat, hanya saja kedudukannya di bawah lima kitab hadits terdahulu. Di dalam kitab ini pula terdapat hadits-hadits dho’if, dan sejumlah hadits shahih. Sebagai catatan bahwa apabila ahli hadits mengatakan, ”Hadits yang diriwayatkan atau yang dikeluarkan oleh As-Sittah” maka maksud dari ungkapan tersebut adalah hadits yang dicantumkan di dalam kitab Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, jami’ At-Tirmidzi, Sunan An-Nasa’I, dan Sunan Ibnu Majah. B.       Kritik terhadap Kitab Sunan Ibnu Majah Sebagaimana diungkapkan oleh Muhammad Abu Syu’bah bahwa diantara ulama yang mengkritik Sunan Ibnu Majah adalah Al-Hafiz Abu faraj Ibnul Jauzi, beliau mengatakan bahwa  dalam kitab Sunan Ibnu Majah terdapat tiga puluh hadits yang tergolong hadits maudhu ’. Dianta

KAJIAN HADITS ‘KULLU QORDHIN JARRO NAF’AN FAHUWA RIBA’ DALAM PANDANGAN MUHADDITSIN DAN FUQAHA’

Oleh: Amri Yasir Mustaqim [1] Hadits كل قرض جر نفعا فهو ربا dikategorikan oleh muhadditsin sebagai hadits yang marfu’, mauquf dan juga maqtu’. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Pembatal-pembatal shalat dan apa-apa yang diharamkan di dalamnya

Telah kita ketahui bersama bahwa shalat merupakan ibadah yang diaksanakan dengan ucapan dan gerakan yang khusus, dalam pelaksanaan shalat kita wajib memenuhi syarat-syaratnya, begitu juga rukun-rukunnya harus mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam , sebagaimana dalam sabda beliau, “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku melaksanakan shalat.” Oleh karena itu, maka barang siapa yang melakasanakan shalat tapi tidak memenuhi syarat dan rukunnya, shalatnya dianggap batal dan ia wajib mengulanginya kembali. Selain itu pula disana ada fa k tor-faktor lain yang membatalkan shalat diantaranya adalah; 1.     Berbicara Yaitu mengucapkan dua kata atau lebih, atau dengan satu kata yang bisa dipahami. Telah dikhabarkan dari Zaid bin arqam ia berkata, “Suatu ketika kami berbicara dalam shalat, yaitu ada seseorang yang berbicara dengan temannya yang berada disampingnya, sehingga turun ayat, “Dan laksanakanlah shalat karena Allah dengan khusyu’”.(al Baqarah:238), mak

AIR MINERAL DAN AIR ZAM-ZAM BISA DIGUNAKAN UNTUK WUDHU, (Macam Macam Air Suci)

Air suci adalah air yang bisa digunakan sebagai alat thaharah atau alat bersuci, seperti wudhu atau mandi besar. Ada 7 macam air yang bisa digunakan untuk bersuci. Yaitu air hujan, air laut, air sungai, air yang bersumber dari mata air, air salju dan air beku atau air es. Sebagaimana Allah berfirman: وَيُنَزِّلُ عَلَيۡكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءٗ لِّيُطَهِّرَكُم بِهِۦ     “Dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu“   (QS. Al-Anfal: 11) Selain itu dikuatkan dengan sabda Rasulullah tentang air laut itu suci, هو الطهور ماؤه والحل ميتته “Air laut adalah air yang suci dan mensucikan, juga bangkai (hewan laut) nya halal” (HR. Bukhari dan Tirmidzi, dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban) Begitu juga tentang kesucian air sumur, Rasulullah bersabda tentang air sumur itu suci. Karena para sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah ketika beliau berwudhu di sumur bidho’ah. Para sahabat bertanya, يا رسول الله إنك تتوضأ من بئر بضاعة