Skip to main content

KHUTBAH JUM’AT (2) 7 BAHAYA KESYIRIKAN

 

ilustrasi (Pixabay)

KHUTBAH PERTAMA:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته...

إِنّ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ، وَ نَسْتَعِينُهُ، وَ نَسْتَغْفِرُهُ، وَ نَعُوذُ بِالِله مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا، وَ سَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلّ لَهُ، وَ مَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَا الله، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُولهُ، أشهد أن لا إله إلا الله، وأشهد أن محمدا رسول الله

 قَالَ تَعَالَى: (يَا أَيّهَا الّذِينَ آمَنُوا اتّقُوا الله حَقّ تُقَاتِهِ وَ لَا تَمُوتُنّ إِلاّ وَ أَنْتُمْ مُسْلِمُون(

وَ قَلَ: فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفاً فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

وقال رسول الله صلى الله عليه و سلم : إني خلقت عبادي حنفاء كلهم، وإنهم أتتهم الشياطين فاجتالتهم عن دينهم، وخرمت عليهم ما أحللت لهم، وأمرتهم أن يشركوا بي ما لم أنزل به سلطانا

Jamaah juma’at yang dirahmati Allah...

Selalu dan selalu khatib ingatkan kepada khatib pribadi dan kepada seluruh jamaah sekalian agar bertakwa kepada Allah. Cara bertakwa kepada Allah adalah dengan mengerjakan apa yang Allah suruh dan meninggalkan apa yang Allah larang.

Shalawat beriring salam semoga tetap tercurah kepada nabi kita Rasulullah Muhammad saw. yang telah mengajarkan kita tentang keimanan dan keislaman. Hingga kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah dengan kacamata syariat islam yang rahmatan lil alamin...

Jama’ah shalat jumat yang semoga Allah ramhati...

Sesungguhnya kandungan utama yang ada di dalam al-Qur’an dari awal ayat hingga akhir ayat adalah mengajak kepada tauhid dan mengingkari syirik. Menjelaskan tentang kebahagiaan orang-orang yang bertauhid di dunia, dan kebaikan akhir hidup mereka kelak di akhirat. Al-Qur’an juga menjelaskan tentang betapa sengsara kehidupan orang-orang yang syirik di dunia dan akhirat. Syirik kepada Allah memiliki bahaya yang sangat besar. Baik bagi pribadi setiap individu atau bagi masyarakat luas. Di antara bahaya kesyirikan adalah sebagai berikut,

1.      Syirik Merupakan Penyelewengan Dari Fitrah Yang Suci.

Fitrah setiap manusia adalah beriman kepada Allah dan hanya condong untuk menyembah kepada Allah saja. karena Allah adalah tuhan bagi semua yang ada di alam raya dan pencipta segalanya. Allah swt. berfirman,

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفاً فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah Menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui” (Qs. al-Ruum: 30)

Maksud dari kalimat (فِطْرَةَ اللَّهِ) adalah agama Islam dan kalimat (لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ) adalah untuk agama Allah. [Syifaul ‘alil, hal. 572]

Sehingga setiap orang yang keluar dari tauhid menuju syirik, maka hakikatnya fitrahnya telah rusak atau bisa juga karena buruknya kualitas fitrah yang dia miliki. Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw.,

كل مولود يولد على الفطرة، فأبواه يهودانه، أو يناصرانه، أو يمجسانه

“Setiap anak yang dilahirkan itu lahir dalam kondisi fitrah, maka kemudian ayahnya yang membuat dia Yahudi, Nashrani atau Majusi” (Hr. Bukhari Muslim)

Dalam hadits ini Rasulullah tidak mengatakan membuat dia muslim. Sebab pada dasarnya semua bayi yang baru lahir satatusnya adalah Muslim.

Dikatakan di dalam hadits qudsi Allah swt. Berfirman,

إني خلقت عبادي حنفاء كلهم، وإنهم أتتهم الشياطين فاجتالتهم عن دينهم، وخرمت عليهم ما أحللت لهم، وأمرتهم أن يشركوا بي ما لم أنزل به سلطانا

“Sesungguhnya aku menciptakan hambaku dalam kondisi lurus (Muslim), kemudian setan mendatanginya dan menyelewengkannya dari agama mereka, mereka kemudian mengharamkan apa yang telah Aku halalkan dan menyekutukan-Ku dengan sesuatu yang tidak pernah aku turunkan” (Hr. Muslim)

2.      Syirik Menyebabkan Manusia Terhina Dan Rendah Martabat.

Hakikat kemulian hanya dengan keimanan kepada Allah swt. serta mentauhidkannya. Allah berfirman,

مَن كَانَ يُرِيدُ الْعِزَّةَ فَلِلَّهِ الْعِزَّةُ جَمِيعاً

“Barangsiapa manghendaki kemuliaan, maka (ketahuilah) kemuliaan itu semuanya milik Allah.” (Qs. Fathir: 10)

Maksud dari ayat di atas, siapapun yang menginginkan kemuliaan di dunia dan akhirat hendaknya membiasakan diri untuk taat kepada Allah, mentauhidkan-Nya dan meninggalkan kesyirikan. Sebab hanya Allah pemilik segala apa yang berada di dunia dan akhirat.

الَّذِينَ يَتَّخِذُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاء مِن دُونِ الْمُؤْمِنِينَ أَيَبْتَغُونَ عِندَهُمُ الْعِزَّةَ فَإِنَّ العِزَّةَ لِلّهِ جَمِيعاً

“(yaitu) orang-orang yang menjadikan orang-orang kafir sebagai pemimpin dengan meninggalkan orang-orang Mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Ketahuilah bahwa semua kekuatan itu milik Allah.” (Qs. al-Nisa’: 139)

Dalam tafsir Ibnu Katsir (536/6) Mujahid berkata: Barang siapa yang menginginkan kemuliaan dengan menyembah berhala, maka ketahuilah kemuliaan itu hanya milik Allah semata.

Lalu, Kemuliaan macam apa yang diharapkan dari menghamba kepada sesama makhluk?

3.      Syirik Membuat Manusia Menjadi Galau Dan Merana Serta Terguncang Jiwanya.

Kondisi jiwa seseorang ketika telah mentauhidkan Allah dengan benar telah menjadi sebaik-baik manusia. Semua yang dia lakukan hanya mengarah kepada Allah semata. Hal ini sebagaimana firman Allah,

قُلْ إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ -١٦٢- لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَاْ أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

“Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam,- tidak ada sekutu bagi-Nya; dan demikianlah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama berserah diri (Muslim).” (Qs. al-An’am 162-163)

Para ahli tauhid akan selalu tenang hatinya. Setiap pergerakan yang dia lakukan selama hidupnya hanya dipersembahkan untuk menggapai ridho Allah.

Hal ini berbeda dengan kondisi ahli syirik yang tidak jelas arah tujuannya. Mereka akan selalu mencari keridhoan sesama manusia. Bahkan mereka mencari keridhoan di hadapan berhala-berhala mati atau di atas kuburan. Sehingga wajar jika orang-orang yang tidak mentauhidkan Allah ini banyak yang stres akhirnya jatuh kepada lembah narkoba atau minuman keras. Banyak dari orang ini yang bunuh diri karena stres tingkat tinggi. Karena mereka tidak memiliki harapan yang bisa mereka harapkan. Hal ini sebagaimana firman Allah,

ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلاً رَّجُلاً فِيهِ شُرَكَاء مُتَشَاكِسُونَ وَرَجُلاً سَلَماً لِّرَجُلٍ هَلْ يَسْتَوِيَانِ مَثَلاً الْحَمْدُ لِلَّهِ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

“Allah Membuat perumpamaan (yaitu) seorang laki-laki (hamba sahaya) yang dimiliki oleh beberapa orang yang berserikat yang dalam perselisihan, dan seorang hamba sahaya yang menjadi milik penuh dari seorang (saja). Adakah kedua hamba sahaya itu sama keadaannya? Segala puji bagi Allah, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.” (Qs. al-Zumar: 29)

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكاً

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit,” (Qs. Thaha: 124)

4.      Syirik Bisa Menimbulkan Ketakutan Yang Tidak Masuk Akal.

Orang yang syrik akan selalu dihantui oleh rasa takut yang tidak masuk akal dalam kehidupannya. Mereka akan ketakutan dengan khurafat, mitos dan legenda-legenda bohong. Mereka akan ketakutan tentang rizki. Mereka akan ketakutan tentang kehidupan. Dan sebagainya. Hal ini sesuai dengan apa yang Allah swt. firmankan,

سَنُلْقِي فِي قُلُوبِ الَّذِينَ كَفَرُواْ الرُّعْبَ بِمَا أَشْرَكُواْ بِاللّهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَاناً

“Akan Kami Masukkan rasa takut ke dalam hati orang-orang kafir, karena mereka mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan keterangan tentang itu.” (Qs. ali Imran: 151)

5.      Perbuatan Syirik Akan Membuat Darah Dan Hartanya Menjadi Halal.

Orang musyrik darah dan hartanya menjadi halal disebabkan kesyirikan mereka. Hal ini sebagaimana yang difirmankan Allah,

فَاقْتُلُواْ الْمُشْرِكِينَ حَيْثُ وَجَدتُّمُوهُمْ وَخُذُوهُمْ وَاحْصُرُوهُمْ وَاقْعُدُواْ لَهُمْ كُلَّ مَرْصَدٍ فَإِن تَابُواْ وَأَقَامُواْ الصَّلاَةَ وَآتَوُاْ الزَّكَاةَ فَخَلُّواْ سَبِيلَهُمْ إِنَّ اللّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“maka perangilah orang-orang musyrik di mana saja kamu temui, tangkaplah dan kepunglah mereka, dan awasilah di tempat pengintaian. Jika mereka bertobat dan melaksanakan shalat serta menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Qs. al-Taubah: 5)

Imam al-Qurthubi menafsirkan, di dalam ayat ini Allah mengaitkan pembunuhan dengan syirik, kemudian mengatakan (فَإِن تَابُواْ) jika mereka kemudan bertaubat. Pada dasarnya ketika kesyirikan itu hilang maka hilang juga perintah untuk membunuh orang  musyrik ini. Hal ini dikuatkan dengan hadits Nabi saw. beliau bersabda,

أمرت أن أقاتل الناس حتى يشهد أن لا إله إلا الله و أن محمدا رسول الله، و يقيم الصلاة، ويؤتوا الزكاة، فإذا فعلوا ذلك عصموا مني دماءهم وأموالهم إلا بحق الإسلام، وحسابهم على الله

“Aku diperintahkan untuk membunuh orang-orang sampai mereka bersyahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, lalu mereka menegakkan sholat dan menunaikan zakat. Jika mereka telah melakukan itu semua maka harta dan nyawa mereka terjaga kecuali dengan hak islam, sedangkan perhitungan mereka di sisi Allah kelak” (Hr. Bukhari dan Muslim)

6.      Syirik Akan Menghapuskan Amalan Pelakunya.

Allah firmankan dalam al-Qur’an,

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Dan sungguh, telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, “Sungguh, jika engkau mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah engkau termasuk orang yang rugi.” (Qs. al-Zumar: 65)

Dari ayat ini kita bisa mengetahui bahwa orang yang melakukan syirik adalah orang yang rugi. Karena syirik akan merusak dan menghapus amal baik yang telah kita lakukan. Sehingga pada akhirnya kelak di akhirat kita termasuk orang yang merugi. Amalan yang dikumpulkan di dunia dengan susahpayah tidak akan ada hasilnya jika masih melakukan kesyirikan. Hal ini juga senada dengan firman Allah swt. yang berbunyi,

قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالاً -١٠٣- الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعاً -١٠٤- أُولَئِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِ رَبِّهِمْ وَلِقَائِهِ فَحَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فَلَا نُقِيمُ لَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَزْناً -١٠٥-

“Katakanlah (Muhammad), “Apakah perlu Kami Beritahukan kepadamu tentang orang yang paling rugi perbuatannya?” (Yaitu) orang yang sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya. Mereka itu adalah orang yang mengingkari ayat-ayat Tuhan mereka dan (tidak percaya) terhadap pertemuan dengan-Nya. Maka sia-sia amal mereka, dan Kami tidak memberikan penimbangan terhadap (amal) mereka pada hari Kiamat.” (Qs. al-Kahfi: 103-105)

Para ulama membagi syirik menjadi dua yaitu syirik akbar atau disebut dengan syirik besar dan syirik asyghar atau disebut dengan syirik kecil. Syirik akbar akan menghapus seluruh amal tanpa tersisa. Sedangkan syirik asyghar atau kecil hanya akan merusak satu amalan saja. Ancaman bagi pelaku syirik besar yaitu sebagaimana yang disabdakan nabi saw.,

قال الله تبارك وتعالى: أنا أغنى الشركاء عن الشرك، من عمل عملا أشرك فيه معي غيري تركته وشركه

“Allah yang Maha Tinggi dan Maha Suci berfirman: Aku tidak butuh sekutu, barang siapa yang mengangkat sekutu bagi-Ku dalam amalannya, maka aku akan tinggalkan amalannya beserta sekutu yang telah dia buat.” (Hr. Muslim)

Dalam hadits lain,

حديث عائشة رضي الله عنها قالت: قلت: يا رسول الله! ابن جذعان كان في الجاهلية يصل الرحيم، و يطعم المسكين، فهل ذلك نافعة؟ قال: "لا ينفعه، إنه لم يقل يوما: رب اغفرلي خطيعتي يوم الدين

“Hadits yang diriwayatkan Aisyah ra. beliau pernah bertanya kepada Rasulullah saw.: ‘Wahai Rasulullah, Ibnu Judz’an ketika di masa jahiliyyah suka menyambung tali kekerabatan, suka memberi makan orang-orang miskin, apakah amalannya akan bermanfaat (di akhirat)?’ Rasulullah menjawab: ‘Amalan dia tidak bermanfaat, sebab ketika dia meninggal tidak mengatakan ‘Rabbighfirli khoti’ati yaumid din’ ya Allah ampuni dosa-dosaku kelak di hari akhir’ (tidak bertaubat)” (Hr. Ahmad)

Adapun ancaman syirik kecil tidak akan menghapus seluruh amal. Namun syirik kecil akan merusak satu amalan saja yang dia lakukan dengan campuran syirik. Rasulullah bersabda,

إن أخوف ما أخاف عليك الشرك الأصغر, قالوا: وما الشرك الأصغر يا رسول الله؟ قال: الرياء، يقول الله عز و جل يوم القيامة - إذا جزي الناس بأعمالهم: اذهبوا إلى الذين كنتم تراءون في الدنيا، فانظروا هل تجدون عندهم جزاء

“Sesungguhnya yang paling aku takutkan dari kalian adalah syirik kecil.’ Para sahabat lalu bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana syirik kecil itu?’ Rasulullah menjawab, ‘Yaitu riya’ (berbuat amal sholeh untuk tujuan pamer), Kelak di hari kiamat –ketika manusia telah mendapat balasan amalan- Allah akan berfirman: ‘carilah balasan kepada orang yang kalian pameri’” (Hr. Ahmad)

7.      Surga Diharamkan Bagi Pelaku Kesyirikan.

Apa lagi tempatnya selain neraka kalau surga sudah diharamkan bagi pelaku syirik. Allah swt. berfirman,

إِنَّهُ مَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّهُ عَلَيهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ

“Sesungguhnya barangsiapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah Mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu.” (Qs. al-Maidah: 72)

إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاءُ وَمَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْماً عَظِيماً

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia Mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia Kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.” (Qs. al-Nisa’: 48)

Ada juga ketika seorang mukmin dari kaum fir’aun yang menasihati kaumnya,

وَيَا قَوْمِ مَا لِي أَدْعُوكُمْ إِلَى النَّجَاةِ وَتَدْعُونَنِي إِلَى النَّارِ -٤١- تَدْعُونَنِي لِأَكْفُرَ بِاللَّهِ وَأُشْرِكَ بِهِ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ وَأَنَا أَدْعُوكُمْ إِلَى الْعَزِيزِ الْغَفَّارِ -٤٢-

“Dan wahai kaumku! Bagaimanakah ini, aku menyerumu kepada keselamatan, tetapi kamu menyeruku ke neraka? (Mengapa) kamu menyeruku agar kafir kepada Allah dan mempersekutukan-Nya dengan sesuatu yang aku tidak mempunyai ilmu tentang itu, padahal aku menyerumu (beriman) kepada Yang Maha Perkasa, Maha Pengampun?” (Qs. Ghafir: 41-42)

Syirik merupakan sebab yang paling pasti untuk masuk ke dalam neraka. Karena syirik akan mengharamkan pelakunya masuk ke surga. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah saw.,

لا يدخل الجنة إلا نفس مسلمة

“Tidak ada yang bisa masuk surga kecuali jiwa orang muslim” (Hr. Bukhari dan Muslim)

من مات يشرك بالله شيئا دخل النار

“Barang siapa yang meninggal dalam kondisi syirik kepada Allah, maka dia masuk ke dalam neraka” (Hr. Bukhari dan Muslim)

KHUTBAH KEDUA

الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على رسوله الكريم، ولى آله وصحبه أجمعين، أما بعد.

Jamaah yang dirahmati Allah. Pada khutbah yang kedua ini mari kita tutup dengan do’a,

اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات...

اللهم لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك سميع الدعاء....

ربنا ظلمنا أنفسنا وإن لم تغفرلنا وترحمنا لنكوننا من الخاسرين...

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار...

سبحان ربك رب العزة عنما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين...

عباد الله، إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي يعضكم لعلكم تذكرون، فاذكر الله يذكركم واشكرواه على نعمكم ولذكر الله أكبر والله يعلم ما تصنعون...

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته...

Disarikan dari: Dr. Mahmud bin Ahmad al-Dausi

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Adat dan Urf dalam Disiplin Ilmu Ushul Fiqh

A.    Definisi Adat dan Urf Definisi adat: العادة ما استمرّ الناس عليه على حكم المعقول وعادوا اليه مرّة بعد أخرى Adat adalah suatu perbuatan atau perkataan yang terus menerus dilakukan oleh manusia lantaran dapat diterima akal dan secara kontinyu manusia mau mengulangnya.

ACUAN TARGET HAFALAN AL-QUR’AN PER BARIS, PER BULAN SAMPAI HAFIZH 30 JUZ

Apakah anda ingin menghafal al-Qu’an? Jika memang iya, ini adalah target waktu hafalan al-Qur’an yang bisa anda pilih dengan kondisi dan kemampuan anda masing-masing. Anda bisa menimbang antara target dan kemampuan. Dengan memiliki target ini anda bisa mengukur kapan anda bisa selesai menghafal al-Qur’an. Menghafal al-Qur’an adalah program seumur hidup. Jika anda tidak memiliki target, sebaik apapun kemampuan, anda tidak akan tercapai. Namun jika anda menghitungnya dengan tepat anda akan mendapatkannya. Meskipun dengan relatif waktu yang tidak cepat. Asalkan memiliki komitmen yang kuat. Berikut adalah acuan hafalan yang anda dapatkan jika anda menghafal al-Qur’an perbaris. Acuan al-Qur’an yang digunakan dalam tulisan ini adalah mushaf utsmani yang 1 halamannya berjumlah 15 baris. 1 juz berjumlah 20 halaman. Ø   Jika anda menghafal 1 baris sehari, maka anda akan hafal 1 juz dalam 10 bulan, dan hafal al-Qur’an dalam 24 tahun 4 bulan. Ø   Jika anda menghafal 2 baris se...

KAJIAN HADITS ‘KULLU QORDHIN JARRO NAF’AN FAHUWA RIBA’ DALAM PANDANGAN MUHADDITSIN DAN FUQAHA’

Oleh: Amri Yasir Mustaqim [1] Hadits كل قرض جر نفعا فهو ربا dikategorikan oleh muhadditsin sebagai hadits yang marfu’, mauquf dan juga maqtu’. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Dowload Buku Iqro’ 1-6 pdf

Siapa yang tidak kenal dengan buku iqro’? hampir tidak ada di Indonesia ini yang tidak mengenal buku iqro’. Buku ini sangat populer diseluruh anak Indonesia yang ingin belajar membaca al-Qur’an.

Sifat-Sifat Seorang Wali Allah

  Allah telah mengabarkan kepada kita tentang ciri utama wali adalah orang yang tenang hatinya dan tidak pernah bersedih. Tidak pernah bersedih artinya setiap kesedihan yang dia dapatkan dalam hidupnya akan diselesaikan dengan kesabaran yang telah ada pada jiwanya. Faktor utama yang membuat para wali bisa mendapat ketenangan hati adalah karena ia menambatkan segala urusan hidupnya kepada Allah saja. Allah berfirman:

Ghazwah Usairoh

Letak Geografis Usairoh adalah secara bahasa adalah isim tasghir dari al-‘asyroh yaitu pohon, usairoh juga dikatakan dzul usairoh atau dzul ‘asroh . Az-Zuhri berkata usairoh adalah tempat yang memiliki tempat yang keras yang dinisbatkan kepada pohon yang terletak di daerah tersebut. Al-asiroh adalah nama pohon yang paling besar yang terletak di daerah tersebut. pohon tersebut memiliki getah yang manis yang dinamakan dengan gula al-usyar . Daerah tersebut terletak pada titik yanbu’ terletak diantara makkah dan madinah. Abu Zaid berkata: al-Usairoh adalah benteng kecil terletak diantara yanbu’ dan dzul maarwah . Kurma banyak tumbuh di daerah tersebut di banding daerah hijaz yang lain, kecuali daerah as-Shaihani yang terletak di khaibar juga al-Birni dan al-Ajuz yang terletak di madinah Al-Asma’I berkata: daerah tersebut adalah lemabah yang luas berdekatan dengsn qotn yang menjorok menuju dzul ‘usairoh yang disana di tumbuhi pohon kurma dan terdapat aliran air mili...

Ashabul A’rof dan Akhir Perjalanan Mereka

Siapa itu ashabul a’rof ? Bagaiman nasib akhir kehidupan ashabul a’rof ? Apakah a’rof adalah tempat akhir selain surga dan neraka? Tulisan ini insya Allah akan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan tersebut. PENGERTIAN ASHABUL A’ROF Di akhirat kelak ada tempat selain dari surga dan neraka bernama ‘ al-A’rof ’. Secara definitif prespektif etimologi dari bahasa arab yang artinya adalah ‘tempat tinggi’. Secara istilah artinya adalah tempat yang tinggi berada diantara surga dan neraka, dimana orang yang berada di situ bisa melihat penduduk surga dan neraka. Orang-orang yang berada di tempat ini adalah orang-orang yang pahala kebaikannya dan dosa keburukannya memiliki berat yang sama. Kemudian orang yang berada ditempat ini akan dimasukkan kedalam surga bukan di neraka. Di antara kriteria ashabul a’rof adalah orang-orang yang keluar berjihad di jalan Allah tanpa izin orang tua. Kemudian mereka ini terbebas dari neraka karena mereka terbunuh di jalan Allah. Dan mereka tertahan untuk...

HUKUM MEROKOK DAN JUAL BELI ROKOK

Sebelum menjelaskan hukum jual-beli rokok, kita harus mengetahui asal rokok sendiri. Berdasarkan hasil penelitian kedokteran modern yang menyatakan bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai tipe penyakit kangker, penyebab penyakit pernafasan, penyakit jantung, penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, juga merusak system reproduksi, pendeknya merusak seluruh sistem seluruh tubuh. Padahal, Allah telah mengharamkan seseorang yang membinasakan dirinya, dengan berbagai pertimbangan karena sebab-sebab di atas maka para ulama memiliki berbagai pendapat Pendapat pertama: sebagian ulama’ berpendapat bahwa merokok hukumnya boleh. sebagai mana firman Allah:   “Dia-lah Allah yang telah menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu.” (Al-Baqarah: 29). Ayat di atas menjelaskan bahwa segala sesuatu yang diciptakan Allah diatas permukaan bumi ini halal untuk manusia termasuk tembakau yang digunakan untuk bahan baku rokok. Tanggapan: dalil ini tidak kuat, sebab, yang dihala...

BERBICARA TENTANG KEBAHAGIAAN

Berbicara tentang kebahagiaan, semua orang pasti ingin bahagia. Kebahagian yang hakiki bukan ilusi. Sebab hidup ini bukan khayalan belaka tapi hidup ini adalah nyata adanya. Maka ketentuannya kita ingin kebahagian itu hidup di dalamnya. Kapan saja, di mana saja Masalah kebahagiaan tidak dapat di monopoli. Ia bukan masalah apa dan siapa?. Tapi ia adalah perasaan yang di miliki setiap orang yang bisa merasakannya. Kemudian bagai mana kita mengolah perasaan kita. Segala sesuatu di dunia ini hanyalah samar-samar. Bayangan semu, biasan cahaya abu-abu. Dan tentunya dunia hanyalah menipu. Semuanya hanya sementara. Tidak ada kekekalan di dalamnya. Yang muda akan tua. Harta benda akan di tinggalkan. Sebutlah namanya Suhaidi seorang remaja umurnya belasan tahun. Seumur hidupnya tidak pernah memegang buah anggur atau apel. Apalagi memakannya. Dia hanya tahu gambarnya yang ia dapatkan dari tivi-tivi, buku pelajaran dan majalah atau Koran yang pernah dia pegang. Tapi Suhaidi tidak pernah...

Istilah Istilah Khusus Yang Ada Dalam Madzhab Fiqih Imam Syafi’i

Dalam fiqh Imam al-Syafi’i ada istilah-istilah yang khas. Istilah ini tidak dipakai dalam fiqh madzhab yang lain. sehingga ketika kita sedang membaca atau mempelajari fiqih madzhab Imam al-Syafi’i besar kemungkinan akan sering menemukan istilah-istilah tersebut. Istilah ini tidak bisa dimaknai secara bahasa saja. Akan tetapi istilah ini memiliki makna yang memang hanya dikenal di kalangan madzhab Imam al-Syafi’i. Sehingga sangat dianjurkan untuk mempelajarinya sebelum menelaah lebih dalam lagi fiqih Imam al-Syafi’i Mengetahui istilah-istilah dalam fiqih madzhab Imam al-Syaf’i sangat penting. Tanpa mengerti istilah ini anda mungkin akan dibuat kebingunan. Kalaulah anda tidak hafal, setidaknya anda bisa memahami istilah khusus ini. Tujuannya agar anda tidak salah mengartikan fiqh Imam syafi’i, dan selain itu juga bertujuan memudahkan anda ketika nanti mempelajarinya. Berikut ini adalah istilah-istilah yang digunakan dalam fiqh syafi’i yang dinukil dari kitab muqaddimah al-Minhaj ka...