Skip to main content

Khutbah Jum’at : Merelakan Allah Sebagai Tuhan

Kerelaan kepada Allah adalah suatu amal hati yang bisa menjamin kita masuk ke dalam surga. Selain itu kerelaan kepada Allah adalah ciri dari seorang mukmin. Sebaliknya orang yant tidak rela kepada Allah adalah orang orang munafik. Seperti apakah merelakan Allah itu?

إن الحمد لله، نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له، ومن يضلل فلا هادي له

وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله

﴿ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ ﴾ ]آل عمران: 102[

﴿ يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا ﴾ ]النساء: 1[

﴿ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا ﴾ ]الأحزاب: 70-71[

Kaum muslimin yang dirahmati Allah…

Beriman kepada Allah, berlajan di jalan yang benar, komitmen dengan syariat yang lurus, mengikuti sunnah Rasulullah, itu semua adalah kenikmatan besar yang diberikan Allah bagi setiap hamba yang menginginkan kebagahagiaan. Selain itu ia pasti dijauhkan dari kemalangan dan kesengsaraan.

Seseorang yang rela Allah menjadi tuhannya, Muhammad sebagai Nabinya, maka ia telah memiliki permata kebahagiaan dalam hidupnya. Ia telah memiliki tanda keberuntungan dalam hidupnya, dan dengan begitu ia bisa menyesap rasa manis dalam iman. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah,

ذَاقَ طَعْمَ الْإِيمَانِ مَنْ رَضِيَ بِاللَّهِ. رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا

“Telah merasakan iman siapa yang ridha Allah sebagai rabbnya, Islam sebagai agamanya dan Muhammad sebagai rasulnya.” (Hr. Muslim)

Hadits yang mulia ini memastikan bahwa iman memiliki rasa manis yang bisa disesap bagi orang yang merelakan diri menjadikan Allah sebagai tuhan. Semakin penuh kerelaan itu di dalam hati seseorang maka semakin besarlah rasa manis yang bisa dirasakan dan semakin bertambahlah keimanan seseorang.

Jenis Kerelaan seperti ini adalah kenikmatan yang besar yang diberikan oleh Allah kepada seorang hamba. Ia akan terus mendapat petunjuk di jalan iman dan dituntun oleh Allah untuk selalau diridhai-Nya.

Seorang Ahli tafsir bernama Imam al-Qurthubi mengatakan, maksud dari kata ذَاقَ طَعْمَ الْإِيمَانِ adalah seorang mukmin mendapatkan manisnya iman. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik,

ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلَاوَةَ الْإِيْمَانِ: أَنْ يَكُونَ اللهُ وَرَسُولُهُ أحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سَوَاهُمَا، وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لاَ يُحِبُّهُ إلاَّ لِلهِ، وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ بَعْدَ أَنْ أَنْقَذَهُ اللهُ مِنْهُ، كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ

“ Ada Tiga kondisi yang jika ada pada diri seseorang, ia akan meraih manisnya iman: (1) ketika Allah Ta’ala dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari selain keduanya, (2) Ketika ia mencintai seseorang, tidaklah mencintainya melainkan karena Allah Ta’ala, (3) ia membenci untuk kembali kepada kekafiran—setelah Allah Ta’ala menyelamatkannya darinya—sebagaimana ia benci apabila dilempar ke dalam api.” (Hr. Bukhari)

Kalimat ini adalah gambaran tentang keharusan yang pasti didapat dari seorang mukmin dengan keimanannya. Hatinya akan tenang dengan iman tersebut. Ketenangan itu berupa kelapangan dada dan cahaya hati mengenal tuhannya. Selain itu ia juga akan semakin mengenal Rasulnya. Ia juga menyadari tentang nikmat Allah yang telah dianugrahkan berupa Islam dan dituntun untuk selalu menempuh jalan manusia terbaik yaitu jalannya Rasulullah. Selain itu ia juga dibuat untuk selalu mencintai iman dan juga orang-orang yang beriman. Akan tumbuh juga perasaan benci kepada kekufurann dan juga membenci orang-orang kafir. Ia juga akan terselamatkan dari perbuatan buruk mereka.

Seorang mukmin yang menyadari kenikmatan ini dan memahami keutamaan iman, hatinya akan menjadi bahagia serta gembira. Hatinya dipenuhi dengan cahaya yang menerangi hidupnya. Inilah kebahagiaan yang tidak ada tandingannya.

Maksud dari ridha adalah merasa cukup. Maka orang yang telah ridha Allah sebagai tuhannya, ia tidak akan pernah meminta kepada selain-Nya. Maka siapapun yang telah ridha Muhammad sebagai Rasulnya, ia tidak akan pernah menempuh suatu ajaran kecuali ajaran yang telah dibawanya. Sehingga orang-orang yang seperti inilah orang yang pantas menyesap manisnya keimanan.

Ridha di sini bisa bersifat umum dan bisa juga bersifat khusus. Ridha secara umum adalah tidak menjadikan sesembahan kecuali hanya Allah saja. Tidak menganut agama kecuali hanya agama Islam saja. Tidak menjadikan Rasul kecuali hanya Muhammad saja. Inilah keridhaan yang harus dimiliki setiap muslim. Tanpa keridhaan ini maka keislaman dia tidak dianggap.

Adapun ridha secara khusus adalah sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang yang sholih, yaitu keridhaan seorang hamba tidak memiliki ambisi kecuali keridhaan tuhannya. Sehingga ia bisa mendurhakai perintah nafsu dan mengedepankan ketaatan kepada Rabbnya. Keridhaan seorang hamba kepada Tuhannya merupakan tanda keridhaan Allah kepadanya. Serang Sahabat mulia yang telah dijamin surga yang bernama Umar bin Khattab mengatakan,

فأن الخير كله في الرضا

“Sesungguhnya seluruh kebaikan itu terkumpul para keridhaan”

Ada juga kisah seorang wanita yang baru melahirkan anaknya. Ia ditinggalkan oleh suaminya di tengah padang pasir yang sepi dan tandus. Tanpa penduduk tanpa sumber air tanpa pepohonan. Sejauh mata memandang hanya ada pasir, gunungan pasir, dan dataran pasir. Beliau adalah Ibunda Sarah Istri dari al-Khalil Ibrahim alaihissalam.

Ia kemudian mengatakan kepada suaminya Ibrahim, “Wahai Ibrahim, kepada siapa engkau meniggalkan kami?”

“Kepada Allah” Jawab Ibramim.

“Kalau begitu aku Ridha kepada Allah” jawab sarah.

Allah tahu kualitas dari ibunda seorang nabi Ismail ini. Allah juga tahu ia adalah Istri dari seorang Nabi Ibrahim, yang kualitas imannya pasti sangat baik. Dari keturunan sarah inilah kemudian lahir manusia yang paling mulia dari keturunan nabi Adam, penutup para nabi, Rasulullah shallahu alaihi wa sallam.

Orang-orang yang telah ridha terhadap Allah sebagai tuhannya, ia akan mendapatkan kemyamanan dalam menjalani kewajiban. Ia akan meninggalkan larangan tanpa beban. Ia tidak merasakan nikmat kecuali dengan menjalankan syariat. Ia juga akan ridha dengan Rasul sebagai panutan dalam menjalani sunnah dalam kehidupan. Ia akan selalu komitmen dengan Islam dengan tanpa beban, ringan dan tanpa alasan.

Hal ini sebagaimana sang panutan Rasulullah, ia menjalankan kewajiban dengan ringan. Ia mengatakan tentang kewajiban shalat,

وَجُعِلَتْ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلاَةِ

“Shalat telah menjadi penyejuk hatiku”

Dalam hadits lain Ia mengatakan kepada seorang Bilal sang Mu’adzin Rasulullah,

يا بلالُ، أَقِمِ الصَّلاةَ، أَرِحْنا بها

“Wahai Bilal, segera lantunkan iqamat, rilekskan kami dengan sholat wahai bilal”

Ya, Rasulullah adalah orang yang paling sempurna keridhaaanya kepada Allah. Sehingga dalam menjalani kewajiban, ia bisa merasakan kenikmatan dari kewajiban itu. Dalam pikiran beliau, kata ‘istirahat’ adalah dengan menjalankan sholat. Sehingga dalam dalam sebuah hadits, karena saking banyaknya melakukan sholat hingga kaki beliau menjadi bengkak-bengkak. Ia melakukan itu tanpa beban dan dengan hati yang senang.

Karena begitu pentingnya ridha dalam kehidupan seorang muslim, ada hadits yang mengajak untuk berdzikir pada setiap selesai adzan yang bunyinya,

رضيت بِاللهِ رَبًّا ، وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا ، وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا ورسولا

Artinya, “Aku rela Allah menjadi tuhanku, aku rela Islam menjadi agamaku dan aku rela Muhammad sebagai Rasulku”

Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim, dari Sa’id bin Abi Waqash, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Selain itu juga disunnahkan untuk membaca dzikir ini pada setiap pagi dan petang. Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah,

ما من عبد يقول حين يمسي و حين يصبح: رضيت بالله ربا و بالإسلام دينا و بمحمد نبيا ورسولا إلا كان حقا على الله أن يرضيه يوم القيامة

“Tidaklah seorang hamba yang ketika masuk waktu petang maupun pagi membaca ‘radhitu billahi rabba wa bil islami dina wa bi muhammadin nabiyya wa rasulaa’, kecuali menjadi kewajiban Allah bagi dia untuk diridhai pada hari kiamat” (Hr. Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Dalam hadits lain dari Abu Said al-Khurdhri ia mendengar Rasulullah bersabda,

رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا ، وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا ، وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا ، وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

“Barang siapa yang mengatakan ‘radhitu billahi rabba wa bil islami dina wa bi muhammadin nabiyya wa rasulaa’ maka ia pasti masuk surga” (Hr. Muslim 1884)

Jamaah sholat jum’at rahimakumullah….

Inilah janji Allah kepada setiap mukmin yang meridhai Allah sebagai tuhannya. Dan Allah adalah dzat yang tidak mungkin mengingkari janji.

Jamaah yang dirahmati Allah…

Sifat tidak ridha adalah sifat orang-orang munafik. Banyak orang yang dalam kondisi lapang bisa ridha dengan ketetapan Allah. Namun berbeda halnya dalam kondisi sempit mulai tampaklah tabiat asli seseorang. Ia bisa saja lebih mengutamakan keridhaan kepada makhluk daripada kepada Allah. Orang-orang seperti ini lebih mementingkan kedudukan, pangkat dan harta atau lebih takut dengan gangguan dari manusia. Padahal ia tahu bahwa keridhaan Allah bagi seorang mukmin adalah segalanya. Hal ini sebagaimana yang difirmankan oleh Allah,

يَحْلِفُونَ بِاللّهِ لَكُمْ لِيُرْضُوكُمْ وَاللّهُ وَرَسُولُهُ أَحَقُّ أَن يُرْضُوهُ إِن كَانُواْ مُؤْمِنِينَ -٦٢-

“Mereka bersumpah kepadamu dengan (nama) Allah untuk menyenangkan kamu, padahal Allah dan Rasul-Nya lebih pantas mereka mencari keridaan-Nya jika mereka orang Mukmin.” (Qs. al-Taubah: 62)

Betapa banyak orang-orang seperti ini, yang dalam pikiran mereka ridha Allah itu lebih baik dari pada ridha manusia. Na’udzubillah ini adalah sifat munafik yang harus dijauhi oleh orang yang beriman.

Demikian khutbah pertama ini

اللهم ارضنا وارض عنا، وعن الدنيا، و عن إخواننا المسلمين، إنك سميع مجيب

اقول هذا القول، و أستغفر الله لي ولكم ولسائر المسلمين من كل ذنب فاستغفروه، إنه هو الغفور الرحيم

 

Khutbah Kedua

الحمد لله حمدًا طيبًا كثيرًا مباركًا فيه كما يحب ربنا ويرضى، أحمده حمدًا يليق بجلاله وعظمته، وأشكره شكرًا يوازي فضله ونعمته، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله صلى الله وسلم وبارك عليه وعلى آله وأصحابه ومن اهتدى بهداهم إلى يوم الدين.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah…

Sebagai seorang hamba yang beriman, hendaknya kita bersyukur kepada Allah atas semua nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Selain itu mari kita jalankan ketaatan dengan menjauhi larangan dan menjalankan semua perintahnya. Sebagai bentuk kerelaan kita menjadikan Allah sebagai tuhan, Muhammad sebagai Rasul dan Syariat Islam sebagai Agama.

Mari kita tutup khutbah kita pada siang hari ini dengan berdo’a

ألا فاتقوا الله ربكم، وارضوا به ربًّا، وبالإسلام دينًا، وبمحمد - صلى الله عليه وسلم - رسولاً، واثبتوا على ذلك إلى الممات، جعلني الله وإياكم من أهل الثبات.

اللهم إنا نشهدك ونشهد ملائكتك وجميع خلقك بأننا قد رضينا بك ربًّا، وبالإسلام دينًا، وبمحمد -صلى الله عليه وسلم- رسولاً،

اللهم فثبتنا على ذلك إلى أن نلقاك، اللهم إنا نعوذ بك أن نضل أو نُضل، أو نفتن أو نُفتن،

ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب،

فاتقوا الله عباد الله، وصلوا وسلموا على من أمركم الله بالصلاة عليه فقال: ﴿ إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا ﴾ ]الأحزاب: 56[

اللهم صلي وسلم على عبدك ورسولك محمد، وعلى آله وصحبه، وارض اللهم عن البررت الأتقياء، أبي بكر وعمر وعثمان وعلي، وعن جميع الصحابة والتابعين لهم بإحسان.

اللهم أعز الإسلام والمسلمين، وأذل الشرك والمشركين، واحم حوزة الدين، واجعل هذا البلد آمناً مطمئناً وسائر بلاد المسلمين يا رب العالمين.

اللهم آمنا في أوطاننا وأصلح أئمتنا وولاة أمورنا، واجعل ولايتنا فيمن خافك واتقاك واتبع رضاك يا رب العالمين.

اللهم وفق ولي أمرنا وأَعِنه على البِّر والتقوى، وسدِّده في أقواله وأعماله، وارزقه البطانة الصالحة الناصحة،

اللهم وفق جميع ولاة أُمور المسلمين للعمل بكتابك، واِتباع سنة نبيك -صلى الله عليه وسلم-. اللهم إنا نسألك ألسنة ذاكرة صادقة، وقلوباً سليمة، وأخلاقاً مستقيمة برحمتك يا أرحم الراحمين.

اللهم إنا نسألك رضاك والجنة ونعوذ بك من سخطك والنار.

اللهم اختم لنا بخاتمة السعادة، واجعلنا ممن كتبت لهم الحسنى وزيادة، يا كريم يا رحيم.

﴿ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ ﴾ ]البقرة: 201[

عباد اللهإن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القربى وينها عن الفحشاء والمنكر والبغي يعضكم لعلكم تذكرون، فذكروا الله الجليل يذكركم، واشكروه على نعمه يزدكم، ولذكر الله أكبر والله يعلم ما تصنعون.


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Adat dan Urf dalam Disiplin Ilmu Ushul Fiqh

A.    Definisi Adat dan Urf Definisi adat: العادة ما استمرّ الناس عليه على حكم المعقول وعادوا اليه مرّة بعد أخرى Adat adalah suatu perbuatan atau perkataan yang terus menerus dilakukan oleh manusia lantaran dapat diterima akal dan secara kontinyu manusia mau mengulangnya.

ACUAN TARGET HAFALAN AL-QUR’AN PER BARIS, PER BULAN SAMPAI HAFIZH 30 JUZ

Apakah anda ingin menghafal al-Qu’an? Jika memang iya, ini adalah target waktu hafalan al-Qur’an yang bisa anda pilih dengan kondisi dan kemampuan anda masing-masing. Anda bisa menimbang antara target dan kemampuan. Dengan memiliki target ini anda bisa mengukur kapan anda bisa selesai menghafal al-Qur’an. Menghafal al-Qur’an adalah program seumur hidup. Jika anda tidak memiliki target, sebaik apapun kemampuan, anda tidak akan tercapai. Namun jika anda menghitungnya dengan tepat anda akan mendapatkannya. Meskipun dengan relatif waktu yang tidak cepat. Asalkan memiliki komitmen yang kuat. Berikut adalah acuan hafalan yang anda dapatkan jika anda menghafal al-Qur’an perbaris. Acuan al-Qur’an yang digunakan dalam tulisan ini adalah mushaf utsmani yang 1 halamannya berjumlah 15 baris. 1 juz berjumlah 20 halaman. Ø   Jika anda menghafal 1 baris sehari, maka anda akan hafal 1 juz dalam 10 bulan, dan hafal al-Qur’an dalam 24 tahun 4 bulan. Ø   Jika anda menghafal 2 baris se...

KAJIAN HADITS ‘KULLU QORDHIN JARRO NAF’AN FAHUWA RIBA’ DALAM PANDANGAN MUHADDITSIN DAN FUQAHA’

Oleh: Amri Yasir Mustaqim [1] Hadits كل قرض جر نفعا فهو ربا dikategorikan oleh muhadditsin sebagai hadits yang marfu’, mauquf dan juga maqtu’. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Dowload Buku Iqro’ 1-6 pdf

Siapa yang tidak kenal dengan buku iqro’? hampir tidak ada di Indonesia ini yang tidak mengenal buku iqro’. Buku ini sangat populer diseluruh anak Indonesia yang ingin belajar membaca al-Qur’an.

Sifat-Sifat Seorang Wali Allah

  Allah telah mengabarkan kepada kita tentang ciri utama wali adalah orang yang tenang hatinya dan tidak pernah bersedih. Tidak pernah bersedih artinya setiap kesedihan yang dia dapatkan dalam hidupnya akan diselesaikan dengan kesabaran yang telah ada pada jiwanya. Faktor utama yang membuat para wali bisa mendapat ketenangan hati adalah karena ia menambatkan segala urusan hidupnya kepada Allah saja. Allah berfirman:

Ghazwah Usairoh

Letak Geografis Usairoh adalah secara bahasa adalah isim tasghir dari al-‘asyroh yaitu pohon, usairoh juga dikatakan dzul usairoh atau dzul ‘asroh . Az-Zuhri berkata usairoh adalah tempat yang memiliki tempat yang keras yang dinisbatkan kepada pohon yang terletak di daerah tersebut. Al-asiroh adalah nama pohon yang paling besar yang terletak di daerah tersebut. pohon tersebut memiliki getah yang manis yang dinamakan dengan gula al-usyar . Daerah tersebut terletak pada titik yanbu’ terletak diantara makkah dan madinah. Abu Zaid berkata: al-Usairoh adalah benteng kecil terletak diantara yanbu’ dan dzul maarwah . Kurma banyak tumbuh di daerah tersebut di banding daerah hijaz yang lain, kecuali daerah as-Shaihani yang terletak di khaibar juga al-Birni dan al-Ajuz yang terletak di madinah Al-Asma’I berkata: daerah tersebut adalah lemabah yang luas berdekatan dengsn qotn yang menjorok menuju dzul ‘usairoh yang disana di tumbuhi pohon kurma dan terdapat aliran air mili...

Ashabul A’rof dan Akhir Perjalanan Mereka

Siapa itu ashabul a’rof ? Bagaiman nasib akhir kehidupan ashabul a’rof ? Apakah a’rof adalah tempat akhir selain surga dan neraka? Tulisan ini insya Allah akan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan tersebut. PENGERTIAN ASHABUL A’ROF Di akhirat kelak ada tempat selain dari surga dan neraka bernama ‘ al-A’rof ’. Secara definitif prespektif etimologi dari bahasa arab yang artinya adalah ‘tempat tinggi’. Secara istilah artinya adalah tempat yang tinggi berada diantara surga dan neraka, dimana orang yang berada di situ bisa melihat penduduk surga dan neraka. Orang-orang yang berada di tempat ini adalah orang-orang yang pahala kebaikannya dan dosa keburukannya memiliki berat yang sama. Kemudian orang yang berada ditempat ini akan dimasukkan kedalam surga bukan di neraka. Di antara kriteria ashabul a’rof adalah orang-orang yang keluar berjihad di jalan Allah tanpa izin orang tua. Kemudian mereka ini terbebas dari neraka karena mereka terbunuh di jalan Allah. Dan mereka tertahan untuk...

HUKUM MEROKOK DAN JUAL BELI ROKOK

Sebelum menjelaskan hukum jual-beli rokok, kita harus mengetahui asal rokok sendiri. Berdasarkan hasil penelitian kedokteran modern yang menyatakan bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai tipe penyakit kangker, penyebab penyakit pernafasan, penyakit jantung, penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, juga merusak system reproduksi, pendeknya merusak seluruh sistem seluruh tubuh. Padahal, Allah telah mengharamkan seseorang yang membinasakan dirinya, dengan berbagai pertimbangan karena sebab-sebab di atas maka para ulama memiliki berbagai pendapat Pendapat pertama: sebagian ulama’ berpendapat bahwa merokok hukumnya boleh. sebagai mana firman Allah:   “Dia-lah Allah yang telah menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu.” (Al-Baqarah: 29). Ayat di atas menjelaskan bahwa segala sesuatu yang diciptakan Allah diatas permukaan bumi ini halal untuk manusia termasuk tembakau yang digunakan untuk bahan baku rokok. Tanggapan: dalil ini tidak kuat, sebab, yang dihala...

BERBICARA TENTANG KEBAHAGIAAN

Berbicara tentang kebahagiaan, semua orang pasti ingin bahagia. Kebahagian yang hakiki bukan ilusi. Sebab hidup ini bukan khayalan belaka tapi hidup ini adalah nyata adanya. Maka ketentuannya kita ingin kebahagian itu hidup di dalamnya. Kapan saja, di mana saja Masalah kebahagiaan tidak dapat di monopoli. Ia bukan masalah apa dan siapa?. Tapi ia adalah perasaan yang di miliki setiap orang yang bisa merasakannya. Kemudian bagai mana kita mengolah perasaan kita. Segala sesuatu di dunia ini hanyalah samar-samar. Bayangan semu, biasan cahaya abu-abu. Dan tentunya dunia hanyalah menipu. Semuanya hanya sementara. Tidak ada kekekalan di dalamnya. Yang muda akan tua. Harta benda akan di tinggalkan. Sebutlah namanya Suhaidi seorang remaja umurnya belasan tahun. Seumur hidupnya tidak pernah memegang buah anggur atau apel. Apalagi memakannya. Dia hanya tahu gambarnya yang ia dapatkan dari tivi-tivi, buku pelajaran dan majalah atau Koran yang pernah dia pegang. Tapi Suhaidi tidak pernah...

Istilah Istilah Khusus Yang Ada Dalam Madzhab Fiqih Imam Syafi’i

Dalam fiqh Imam al-Syafi’i ada istilah-istilah yang khas. Istilah ini tidak dipakai dalam fiqh madzhab yang lain. sehingga ketika kita sedang membaca atau mempelajari fiqih madzhab Imam al-Syafi’i besar kemungkinan akan sering menemukan istilah-istilah tersebut. Istilah ini tidak bisa dimaknai secara bahasa saja. Akan tetapi istilah ini memiliki makna yang memang hanya dikenal di kalangan madzhab Imam al-Syafi’i. Sehingga sangat dianjurkan untuk mempelajarinya sebelum menelaah lebih dalam lagi fiqih Imam al-Syafi’i Mengetahui istilah-istilah dalam fiqih madzhab Imam al-Syaf’i sangat penting. Tanpa mengerti istilah ini anda mungkin akan dibuat kebingunan. Kalaulah anda tidak hafal, setidaknya anda bisa memahami istilah khusus ini. Tujuannya agar anda tidak salah mengartikan fiqh Imam syafi’i, dan selain itu juga bertujuan memudahkan anda ketika nanti mempelajarinya. Berikut ini adalah istilah-istilah yang digunakan dalam fiqh syafi’i yang dinukil dari kitab muqaddimah al-Minhaj ka...